Tuesday, March 26, 2019

Mengapa Memilih Blogger untuk Weblog ini?

Selamat sore semua! Ditengah gempuran penugasan yang sangat padat, saya akan memberikan satu cerita saya tentang blog. Kali ini berhubungan dengan preferensi platform blog. Seperti yang kita tahu, banyak sekali platform blog yang telah tercipta dari tahun 2000 (bahkan beberapa sudah ada sebelum tahun 2000an). Diantara semuanya, yang pernah saya pelajari yaitu Blogger, Wordpress.COM (bukan versi hostingan), Tumblr, Multiply (sudah lama hilang), Webnode (yang lebih cocok disebut website builder bersama Wix dan Weebly), AmebaBlog, Kompasiana, BlogDetik (sudah lama hilang juga), Medium dan yang akan direview di beberapa postingan selanjutnya adalah MY.ID.


Semua platform diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun begitu, saya tetap memilih Blogger sebagai platform personal blog profesional saya. Meskipun banyak pakar bilang kalau blogger memiliki sangat banyak keterbatasan untuk keperluan profesional (apalagi yang ingin blognya SEO tanpa harus edit kode sana-sini). Namun, ada beberapa hal yang membuat saya lebih memilih Blogger.

Almost 100% Free

Kita tidak perlu membayar hanya untuk mendapatkan template bagus, atau kustomisasi yang menawan. Karena template designer dari Blogger menawarkan semuanya gratis. Memang, secara template bawaan Wordpress, Tumblr, dan segudang platform lainnya juara (kecuali yang memang bertujuan untuk tidak memikirkan tema a la Medium). Meskipun begitu, banyak website yang menawarkan template blogger yang bagus dan responsif untuk hp, tanpa perlu bayar (kecuali mau minta bantu pasang sama di empunya tema). Jenis huruf pun juga bebas di Blogger, tidak seperti Wordpress(.com) yang perlu membayar.

Bukan hanya soal template saja, pelayanan di Blogger juga gratis dan kita sudah dapat editor untuk menulis blog yang profesional dan tidak kalah dari platform lainnya. Meskipun untuk menjadi profesional kita harus belajar sendiri (berbeda dengan Wordpress.com yang berbayar dan menawarkan jasa konsultan dalam SEO dan konten). Kecuali, kalau teman semua ingin memiliki domain biayanya juga tidak semahal jika membeli domain di Wordpress.com, membeli hosting untuk Wordpress.org, Webnode (dan situs sejenis), dan Medium. (Harap diketahui hal yang sama berlaku untuk Tumblr).

gif hanya pemanis

Cocok Untuk yang Sibuk, tapi Ingin Blog yang Tidak (teralu) Simpel

Bagi saya yang sungguh sibuk, saya belum tentu akan sempat membackup data hostingan, melihat data-data SEO, dan juga melihat plugin-plugin yang ternyata perlu diupdate maupun berbahaya. Sungguh, ketika saya mencoba pindah ke Wordpress.com, saya merasa tidak nyaman dengan terlalu banyaknya perjenjangan penandaan post mulai dari Kategori dan Tag, Perbedaan pemuatan Featured Photo dan fitur lainnya yang menyita waktu dan mengurangi esensi blog. Dengan Blogger, semua yang diatas cukup dengan penempatan foto dan label (ditambah lagi sekarang ada deskripsi mesin pencari jika ingin teks yang berbeda yang ditampilkan).

Koding Yang Lebih Mudah Dipelajari (kalau mau belajar ya)

Memang, bagi sebagian narablog sebuah blog yang baik dimulai dari kontennya terlebih dahulu. Akan tetapi, saya sering merasa kurang jika membangun personal blog yang profesional tanpa template yang sesuai dengan karakter saya. Mencari di website ternama tapi selalu merasa ada yang kurang dengan template tertentu. Untungnya, Blogger masih memakai HTML sebagai kode untuk templatenya, sehingga memudahkan untuk membuat template buat saya yang masih pemula dalam bidang koding template. Meskipun lebih leluasapun, koding Wordpress(baik .com maupun .org) menggunakan PHP yang memerlukan pembelajaran lebih lanjut dan lama. Banyak anak-anak sekolah juga yang membuat templatenya sendiri melalui Blogger loh! (bahkan ada yang anak SD!).

Salah satu contoh dari template yang saya buat waktu muda, akan dibahas pada postingan selanjutnya.
Beberapa hal yang saya pertimbangkan ini mungkin berbeda untuk orang lainnya. Meskipun begitu, sebuah blog tidak akan diperhitungkan apabila mereka kurang dalam konten. Apapun platform blog yang kamu pakai, pastinya harus memperhatikan konten sebagai nyawa utama dalam sebuah blog dinamis. Nah, kebetulan beberapa blogger di Padang sudah mengadakan seri acara mengenai blogging. Seri terbaru akan membahas penulisan konten!


Jadi seri #BloggerTalk yang sudah mulai sejak akhir Desember 2018 kemarin datang lagi dengan tema WRITE YOUR BEST CONTENT. Pematerinya, Saudara Alizar Tanjung punya tulisan yang keren-keren, juga sempat menang di acara Flashblogging kemarin. Buat yang lagi bosan di hari Minggu yang punya kisah sedih (?) silakan ikutan, gratis (kecuali mau beli minuman, ada diskonnya wkwkwk). Untuk pendaftaran silakan ke Instagram yang ada di pamflet saja :)

Sepertinya sekian dari saya hari ini. Apapun pendapat saya disini hanya bisa menjadi sedikit pertimbangan untuk teman yang ingin membuat blog. Buat yang punya blog nih. menurut teman mengapa memilih platform blog yang sekarang? Bagikan di kolom komentar ya :]

With love,

4 comments spilled

  1. 4. Serba lebih ringan (almost no loading)
    5. Serba praktis karna nyambung ke berbagai layanan (email, youtube, drive, hangout, maps, phto) sehingga satu kali login doang untuk semua wkwk
    6. Selalu ada pembaruan fitur berkala a.k.a up-to-date sesuai kebutuhan

    Juara deh pokoknyaaa
    Aku jg punya wordpress, tapi buat ngomen blog wordpress orang pas blogwalking doang biar ada fotonya hahaha

    P.S.
    Bloggertalk is fuuunnnnn!

    ReplyDelete
  2. Wah... Ternyata kakak sudah nyobain banyak blog ya, tapi masih tetep memilih blogger.
    Saya juga lebih suka blogger karena simple, ringan, dan bebas mau kita apain saja blogger ini.

    Belajar SEO juga lumayan mudah kok kalau kita sudah menemukan buku / sumber yang cocok dengan kita.

    Keren Kak.
    Semangat!
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih udah berkunjung 🤣🤣
      kalau SEO udah sering belajar sih, tapi emang weblognya orientasi ke konten hahahahhaaha

      Delete

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p