Wednesday, July 31, 2019

Solusi Atasi Mata Kering Cepat dengan Insto Dry Eyes


Halo semua!
Akhirnya saya kembali lagi mengisi weblog ini. Tentunya cerita saya berbeda untuk postingan yamg ini. Kali ini saya ingin membahas mengenai sesuatu yang krusial bagi kita ketika mempersepsikan sesuatu. Bagian dari alat indra kita yaitu mata. Mata adalah gerbang pertama untuk persepsi visual, dimana kita dapat mempersepsikan sesuatu dengan bentuk visual dari sebuah stimulus.


Semua berawal dari sebuah TV show lama di TVRI berjudul "Little House on the Prairie". Kebetulan saya sedang bersiap untuk menyelesaikan pekerjaan di luar rumah. Sambil makan siang, saya pun menonton bersama adik saya yang menyambil mencuci baju. Satu episode yang sedang ditayangkan membahas mengenai Mary (nama tokohnya) yang nilainya tiba-tiba jelek di sekolah. Selain menjadi bahan risak salah satu temannya yang pintar, performa belajarnya yang turun menjadi pertanyaan besar bagi guru dan keluarganya.

Ada apa?

Ternyata oh ternyata, suatu malam ketika Mary sedang belajar, ayahnya mencoba menguji penglihatannya. Mary pun menangis ketika mengetahui dirinya tidak bisa melihat dengan jelas tulisan yang ada di papan tulis kecil yang dipegang ayahnya di seberang meja. Jadilah mereka ke dokter mata dan membeli sebuah kacamata. Ternyata dari episode ini, mata Mary lelah dan syarafnya melemah sehingga pandangannya pun kabur.

credit

TV series ini mengungkapkan bahwa akhirnya Mary buta. Penyebabnya adalah scarlet fever. Ada satu jurnal menarik yang membahas bahwa penyebab kebutaan Mary di dunia nyata bukanlah scarlet fever (iya, TV show ini berasal dari memoir). Tapi, ini bukan topik yang ingin saya bahas.

Saya memilih untuk fokus di episode yang saya tonton saja, karena saya rasa mata lelah karena belajar dan bekerja berjam-jam bukanlah hal yang tidak biasa. Apalagi ketika kertas, lampu petromaks di masa lalu telah berganti dengan layar kaca : TV, komputer, laptop, gawai, dan lainnya. Sebagai seorang desainer (mau grafis, mau brand, mau baju, saya bisa semua kok 🤣🤣🤣) yang sangat sering berkutat di layar laptop dan gawai, saya sering merasa bahwa mata saya menjadi pegal. Sehingga kadang saya perlu melihat ke sekitar sebelum kembali bekerja.


Meskipun saya jarang merasakan mata yang terasa gatal dan perih, dan lebih sering merasakan mata pegel, Saya rasa itu adalah gejala mata kering. Tiga gejala berikut akan terjadi apabila matamu kering : Mata Pegel (sehingga penglihatanmu sedikit kabur), Mata Sepet (terasa gatal), dan Mata Perih (sehingga kamu kelihatan seperti menangis padahal tidak). Salah satu faktor penyebab mereka bertiga ini muncul yaitu cahaya biru, yang ada pada seluruh layar kaca elektronik yang kamu pegang. Salah satu jurnal yang saya baca berkata bahwa cahaya biru bukan hanya merusak lensa mata saja, tetapi juga merusak saraf mata. Efeknya pun bukan hanya mata kering, tetapi juga katarak, ketidakseimbangan hormon, dan pola tidur yang berantakan.

Kalau sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya? Gak mungkin kan harus menghindari TV dan gawai?

Tentu saja tidak (meskipun kadang kita harus istirahat dari layar kaca sejenak). Ada berbagai cara untuk mengatasi mata kering dan juga mata lelah. Beberapa diantaranya yaitu :
  1. Sering jalan-jalan ke alam, melihat rerumputan dan pepohonan hijau)
  2. Banyak minum air putih
  3. Banyak istirahat
  4. Makan makanan yang mengandung Vitamin A (seperti wortel dan sayuran lainnya)
  5. Menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata kering secara cepat
Nah, berbicara tentang obat tetes mata, kebetulan saya sedang berselancar di internet diatas Trans Padang. Saya menemukan obat tetes mata ini di halaman online shop, dan langsung pergi ke apotik terdekat setelah turun. Ketika tiba di apotik saya pun bertanya, "Kak, ada Insto yang biru?"

Ya mau gimana, kotaknya dan tutup kemasannya bewarna biru, jadi saya bilang saja "Insto biru". Setelah di kakak mengeluarkan produk yang dimaksud, saya pun membayar dan meminta struk pembelian. Lalu saya pergi ke coworking space untuk mengerjakan pekerjaan saya yang masih banyak (pada waktu itu).
 

Sampainya di coworking space, saya mengambil si "Insto biru" dan melihat kotaknya. Kita bisa tahu nih produk apa. Obat tetes mata ini merupakan salah satu varian dari Insto yaitu Insto Dry Eyes. Varian dari produk ini memang diformulasikan khusus untuk mengatasi gejala mata kering yaitu MATA PEGEL, MATA SEPET, dan MATA PERIH. Kemasannya yang bening bertutup biru sangat baik untuk dibawa kemana-mana, termasuk berpergian jauh.

Waktu diteteskan, mata langsung terasa sejuk banget. Formulanya memang cocok untuk mengatasi mata kering. Sehingga ketika mata saya terasa kering dan diteteskan Insto Dry Eyes, mata langsung segar dan saya bisa bekerja lagi. tidak perlu rehat tiap sebentar yang menghabiskan waktu.

Selain itu, Insto Dry Eyes juga terjangkau loh. 15.000 di apotik terdekat dan online shop (kalau online shop belum termasuk ongkir ya!)

Oke, sepertinya saya perlu mengakhirinya disini. Saya akan kembali lagi dengan dua konten mengenai Psikologi. Sila ditunggu :)

With love,

No comments spilled

Post a Comment

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p