Tuesday, August 6, 2019

Mengenali Organisasi Mahasiswa : Apakah itu?


Halo semua!
Akhirnya saya kembali lagi di weblog ini. Tak terasa saya sudah melewati empat musim masuknya mahasiswa baru di kampus. Biasanya di awal mahasiswa memasuki kampusnya, ada berbagai kegiatan (di Unand namanya Bakti, bisa dicek di blog archive saya) yang intinya memperkenalkan bukan hanya kehidupan perkuliahan, tapi juga organisasi disekitarnya. Kadang mahasiswa baru sering merasa "wah!" dengan berbagai penampilan dari organisasi mahasiswa. Tapi setelah itu, dari beberapa "iseng bertanya" kepada mahasiswa baru dua tahun belakangan banyak diantara mereka yang lupa nama organisasi yang tampil maupun memberikan materi.

Jadi, sekedar mengingatkan untuk kita semua, sayapun membuat seri postingan ini. Mari kita mengenal organisasi mahasiswa (yang selanjutnya saya singkat ormawa) yang jenisnya cukup banyak ini.

Organisasi Mahasiswa menurut gue adalah...

Sebuah organisasi yang didirikan oleh mahasiswa, bekerja atas dasar idealisme mahasiswa, untuk mahasiswa itu sendiri. Idealisme mahasiswa dalam setiap jenis organisasi bisa berbeda-beda, tergantung tujuan dari organisasi itu sendiri. Karena dibuat untuk memuaskan rasa haus mahasiswa terhadap jejaring kerja, ilmu, pengalaman, praktik ilmu dalam bentuk kecil kehidupan, maka organisasi mahasiswa sangat sering melaksanakan program mereka untuk mahasiswa itu sendiri. Selain itu, untuk mewujudkan mahasiswa sebagai agent of change, maka organisasi mahasiswa juga menjadi jembatan penyebaran opini mahasiswa ke pihak luar (termasuk... mengkritisi pemerintah hahaha).

Credit

Sejarah Organisasi Mahasiswa

Seperti yang banyak kita tahu, pergerakan mahasiswa pertama terjadi di masa penjajahan belanda, ketika pemuda (juga mahasiswa) dari lembaga pendidikan kedokteran STOVIA mendirikan Boedi Oetomo sebagai bentuk perilaku kritis dan keresahan intelektual. Lalu dari organisasi tersebut, banyak organisasi lainnya yang mekar (baik yang berhubungan dengan kejadian ini maupun tidak). Banyak organisasi tersebut bersifat keagamaan (HMI, GMKI), lokalitas, dan lain sebagainya. Jadi organisasi berbasis ekstra kampus sudah cukup lama terbentuk.

Setelah kemerdekaan (sekitar tahun 1950-an) di beberapa Universitas tertua Indonesia dibentuklah yang namanya Dema (Dewan Mahasiswa) dan Sema (Senat Mahasiswa). Hal ini diperkuat dari tulisan yang menyatakan bahwa Senat Mahasiswa di lingkungan Fakultas Sastra UI berdiri pada tahun 1951. Awalnya, terjadi ketimpangan antara organisasi berbasis intra kampus dan organisasi berbasis ekstra kampus. Bahkan menurut artikel yang ditulis di Tirto, banyak organisasi berbasis ekstra kampus yang berebut kursi di organisasi intra kampus. Sampai akhirnya ditemukanlah titik terang bahwa yang basis ekstra berperan sebagai jejaring sosial, dan basis intra berperan sebagai tempat belajar (meski tidak menyurutkan organisasi eksternal yang berebut kursi).


Membicarakan organisasi mahasiswa tidak terlepas dari pembatasan kebebasan berpendapat mahasiswa di masa Orde Baru. Pada saat itu, awalnya Dewan Mahasiswa dibubarkan karena gerakan yang mereka lakukan untuk mendorong mundurnya presiden saat itu. Mahasiswa dipaksa untuk kembali menjadi (yang kata orang dewasa bilang) "kaum intelektual", Senat Mahasiswa hanya dibatasi pada legislatif dan hanya sampai tingkat fakultas. Baru tahun 1990, Senat Mahasiswa bisa didirikan di fakultas.

Tahun 1960-1990-an, bisa dikatakan sebagai tahun-tahun berdirinya bentuk-bentuk baru (maupun bentuk lama yang diperbarui) dari organisasi mahasiswa. Mulai dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) berbasis minat dan bakat, Pers Mahasiswa yang di Sumatra Barat sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990-an, sampai IOMS (Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis) dimana ISMKI berdiri di tahun 1969 dengan nama IMKI. Tahun demi tahun, semakin banyak jenis organisasi mahasiswa baik intra kampus maupun ekstra kampus, serta berbagai variasinya. BEM SI sendiri baru dinisiasi pada tahun 2007, sebagai bentuk keresahan terhadap keadaan negaran yang makin naas.

Setidaknya udah tau kan, beberapa bentuk organisasi mahasiswa? Silakan dicek postingan selanjutnya ya, saya akan bahas jenis-jenis organisasi mahasiswa berserta pro dan kontra dari organisasi tersebut.
With love,

2 comments spilled

  1. Aku dong dulu anggota himaa
    Terus anggota Bem jugaa

    Terus anggota UKM rohani, UKM jurnalistik, UKM Seni..
    #TerlaluAktif #Wkwkwkw

    Cieeee yang udah dikampus selama 4 musim maba
    Pertanda nih, pertanda..
    Segerakan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanda apa bang?😒

      insyaallah yang selesai bakal selesai awokawokawok

      Delete

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p