Thursday, August 22, 2019

Blogger Theme In History - Denim 'n Friends


Halo semua!
Setelah kemarin kita membahas tema Blogger klasik, sekarang kita maju sedikit menuju tahun 2009 keatas, dan editannya yang sempat heboh di dunia pengguna blogger Indonesia sekitar tahun 2012-2014an. Tema ini terbilang cukup ramai dan sekarang masih sering digunakan beberapa blogger karena lebih mudah dalam mengedit tata letak dan dapat diubah sewaktu-waktu dengan 'perkakas' yang sudah merupakan paketan Blogger.


Sistem layout Blogger di tahun 2006
Meskipun dengan dokumentasi Blogger yang sudah dihapus oleh Google, saya mendapatkan cukup info dari blog berikut. Pada blog ini dinyatakan bahwa template Denim dan teman-temannya (termasuk template lama yang disesuaikan dengan coding saat itu) dirilis pada tahun 2006. Terdiri dari 16 jenis template lama dan baru, Denim ciptaan Daren Delaye ternyata merupakan template yang cukup populer. Meskipun begitu, pengeditan warna, lebar, kolom, dan hal lainnya selain tata letak masih harus dilakukan melalui kode yang lebih rumit. Itulah mengapa tutorial mengedit denim bertebaran ketika tren mengedit denim dimulai.

yang dilingkari garis hitam itu denim originalnya ya :)
Denim dipilih karena tidak memerlukan banyak edit kode untuk membuatnya 'siap edit'. Menurut tutorial disini, kita hanya perlu 'menyingkirkan' header biru asli denim dan membuat header baru kita nyambung dengan badannya. Sehingga, cukup ramai editan dari template yang satu ini. Tren mengedit menjadi lebih terasa hype-nya berkat dirilisnya fitur Blogger Template Designer (dengan beberapa tema yang akan kita bahas kemudian hari). Secara bersamaan, dari tahun 2014an tren mengedit pun sedikit bergeser dari denim.

Beragam Editan Denim

Editan Denim cukup beragam, mulai dari yang sederhana sampai yang paling meriah dan lucu. Saya pun juga sering mengedit denim sejak kelas 3 SMA. Bermodal beberapa tutorial, saya sampai menghabiskan malam dengan mengedit tema menjadi secantik mungkin. Beberapa headernya masih ada di archive gambar disini. Sayang saja saya tak sempat menyimpan semua hasil editannya.

Ini edit sederhana. hanya header, gambar untuk navigasi dan sedikit settingan warna.
Cukup banyak contoh dari hasil editan tema ini yang masih dapat ditemukan (selain tema versi blogskin di blog pribadi si 'desainer' kecil) karena publikasi dari tema ini lebih sering di blog masing-masing sebagai daya tarik dan sarana belajar. Contoh dari templatenya secara full bisa lihat di blog berikut ini.
salah satu editan yang sempat tersimpan. ini full denim dengan banyak perubahan.
Sepertinya segitu dulu untuk edisi kali ini. Edisi selanjutnya kita akan membicarakan mengenai lahirnya template designer, dan mulainya era mengedit tema Blogger 2010. Sampai jumpa!
With love,

10 comments spilled

  1. Keren banget theme nya.
    Saya sebenarnya pengen juga terapin theme yang so cewek gitu, tapi udah terlanjur make theme sekarang, jadinya mau diubah tuh masih mikir2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang kalau mau edit lebih banyak simple atau tema-tema free di internet (kalau pandai) hehehee

      Delete
  2. kalau sekarang modelnya udah beda lagi ya mbaa.. udah jarang yg pakai template denim

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah beda memang. bahkan anak kecil pun sekarang lebih ngedit simple daripada denim hahahaha XD

      Delete
  3. aku hilang.. setelah migrasi ke wordpress jadi gelap tentang blogspot haha, eh tapi dari dulu jg ga paham sih, ntah punyaku denim atau bukan tapi kayanya bukan wkwk

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. template yang default blogger sekarang simple bang.
      tapi yang abang pake itu template dari website pun XD XD

      Delete
  4. Aku dari dulu pengen banget pakai denim template kak... Tapi gak pande editing. Pengen belajar dan ganti,tapi sayang sama tema yg sekarang :">

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun temanya, yang perlu didahulukan itu kontennya dulu hehehe :D

      Delete
  5. udah lama aku gak utak atik theme blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa utak atik sekarang kalau gak sreg sama tema lama, hihihihi

      Delete

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p