Saturday, September 14, 2019

Mengenal Organisasi Mahasiswa : Pro Kontra Menjadi Aktivis Organisasi Mahasiswa


Halo lagi semua!
Setelah kemarin kita membahas jenis-jenis organisasi mahasiswa (ormawa), sekarang kita akan membahas pro kontra menjadi aktivis organisasi alias seseorang yang aktif di organisasi. Sebelum saya lanjutkan, saya ingin menjelaskan dulu bahwa bagi saya, ada beberapa jenis aktivis mahasiswa diantaranya : aktivis organisasi mahasiswa, aktivis akademis, dan aktivis sosial. aktivis akademis lebih fokus pada penelitian dalam lingkup kampus (seperti penelitian payung) dan sering menghadiri konferensi ilmiah, aktivis sosial lebih aktif pada kegiatan yang hanya sosial seperti relawan, lembaga non pemerintah, dan lain sebagainya. Aktivis organisasi mahasiswa (apapun jenis organisasinya) adalah mahasiswa yang memang aktif dalam organisasi yang ia naungi.


Kontra Aktif di Organisasi Mahasiswa

Ada banyak kontra ketika membicarakan aktif di organisasi mahasiswa. Beberapa diantaranya adalah
(1) Kehidupan akademik yang berantakan atau bermasalah,
(2) Mengeluarkan banyak biaya untuk lebih banyak keperluan, mulai dari uang kas, uang baju kerja, dan lain sebagainya,
(3) Kalau tidak bertemu dengan lingkungan yang cocok, bukannya bisa mengembangkan diri malah mencuitkan diri,

dan yang paling sering dibicarakan 
(4) kadang organisasi malah tidak cocok dengan skill yang mau ditingkatkan, tidak cukup nilainya untuk sertifikasi aktif kampus, dan tidak cocok dengan tujuan hidupmu karena ikut-ikutan.

Menurut tulisan di medium berikut, jangan masuk organisasi jika itu bukan tujuan hidupmu. Apalagi yang berhubungan dengan birokrasi kampus seperti lembaga eksekutif/legislatif mahasiswa. Jika kalian mencari di mesin pencarian alias ahjussi Google, kita akan tahu betapa banyak penulis lepas di era circa 2013-sampai sekarang yang mengkritik lembaga eksekutif mahasiswa hanya sebagai penyelenggara acara saja. Bahkan mahasiswa sendiri (yang kadang hanya berkutat dengan prokernya saja) tiba-tiba bisa bertanya "Apa arti organisasi ini bagi lembaga kami? Organisasi ini ngapain aja?" dan segudang pertanyaan lainnya.

Bahkan pada saat orang Indonesia dengan (latah atau) bangga memproklamirkan Industri 4.0 (yang sebenarnya sudah sampai kota-kota kecil), organisasi dianggap tiada artinya. Individu bisa belajar kepemimpinan, kerjasama, decision making, dan hal lainnya hanya dengan konferensi anak muda atau exchange, atau malah kursus online. Menurut IGTV dari Opini(dot)id pun, BEM (khususnya disini) banyak yang tertinggal karena hanya mengutamakan kegiatan yang tidak update dengan keadaan mahasiswa di Industri 4.0.

Credit

Pro Aktif di Organisasi Mahasiswa

Meskipun banyak kontra yang terjadi ketika aktif dalam organisasi, sebenarnya masih sangat banyak keuntungan memasuki organisasi, asalkan :
  1. Sesuai dengan minatmu. Misalkan kamu suka seni, masuk UKM seni. Kamu suka akademik tapi ingin berorganisasi juga, bisa masuk UKM Penalaran atau Penelitian.
  2. Sesuai dengan skill utama yang ingin kamu kembangkan. Misalnya kamu anak sastra, tapi lebih ingin jadi teknisi, bisa masuk UKM berbasis Teknologi yang bisa menyediakan area belajar buat kamu.
  3. Sesuai jejaring yang ingin kamu raih. Misalnya, lebih suka dengan jejaring anak Psikologi saja, bisa masuk IOMS psikologi. Atau lebih suka jejaring dengan seluruh jurusan, bisa masuk tiga jenis aliansi BEM yang ada di Indonesia.
  4. Sesuai dengan orientasimu setelah kuliah. Misalnya lebih suka membuka wirausaha daripada bekerja, ada HIPMI PT yang bukan hanya menampung, tapi juga dapat membimbingmu memulai wirausaha.
Jadi, apa pro masuk dan aktif dalam organisasi? Menurut saya, ada beberapa pro ketika kita aktif di organisasi, yaitu :
  • Belajar untuk bekerja dalam sistem yang terorganisir. Apalagi untuk mahasiswa yang menginjak tahun kedua dan belum mendapatkan informasi tentang magang atau belum pernah bekerja sebelumnya, organisasi adalah tempat yang bagus untuk melatih bekerja dalam sistem yang terorganisir. Setiap ormawa memiliki sistem yang berbeda, dan kamu bisa membandingkan diantara organisasi tersebut
  • Belajar berstrategi dalam kehidupan. Mulai dari bagaimana cara kamu bisa 100% dalam semua usaha yang kamu lakukan selama menjadi mahasiswa, strategi kerjasama yang cerdas, sampai cara bernegosiasi dan mempengaruhi orang lain. Banyak hal dalam kehidupan yang membutuhkan strategi dan tidak bisa hanya dipelajari dari kuliah di kelas saja.
  • Berkomunikasi dengan orang-orang yang bukan hanya dari tempat tinggalmu saja. Saya hanya mau bilang bahwa, jika teman bertemu dengan mahasiswa dari berbagai kota (apalagi dengan pulau yang privilesenya lebih tinggi), teman akan menemukan sangat banyak perbedaan pola pikir, daya kritis, dan hal lainnya. Setidaknya, teman-teman bisa lebih banyak mempelajari pola pikir, bahan pembicaraan, dan hal lainnya ketika suatu saat bertemu dengan individu dengan latar belakang berbeda.
  • Peluang rekomendasi pekerjaan yang lebih besar. Selain magang, organisasi juga dapat memberikan kita lebih banyak kesempatan untuk direkomendasikan pada posisi kerja tertentu. Apalagi jika kita dekat dengan banyak orang dalam organisasi tersebut.
  • Belajar berpikir kritis. Terkadang belajar berpikir kritis dalam lingkup ruang kuliah tidak akan pernah cukup. Ada sangat banyak isu di dunia, khususnya Indonesia yang kadang tidak tersentuh oleh kelas kuliah karena sempitnya pembahasan. Organisasi memberi kita ruang lebih luas untuk kritis terhadap isu isu yang ada, mengkajinya secara terorganisir, sampai menjalin kerjasama untuk melakukan aksi nyata terhadap isu yang beredar.
Sepertinya sekian dulu untuk bagian mengenali organisasi mahasiswa untuk kali ini. Sebagai sedikit spoiler, setelah ini saya akan membahas bagaimana psikologi memandang organisasi, sedikit pengalaman (gelap dan terang) saya dalam masuk-keluar organisasi seperti masuk hutan, serta satu seri topik khusus mengenai IOMS. Nantikan terus postingan terbaru di weblog ini ya!
With love,

No comments spilled

Post a Comment

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p