Saturday, June 22, 2019

Blogger Theme in History - Classic



Halo semuanya,
Saya tidak memperbaharui postingan disini lagi selama hampir dua bulan dikarenakan mempersiapkan postingan yang saya rasa cukup berat (dari seri ID "suka-kpop-jpop" sampai postingan mengenai psikologi lingkungan) dimana saya harus membaca cukup banyak referensi. Sepertinya saya harus menyelinginya dengan postingan yang cukup ringan (lagi).


Kali ini, saya akan membahas tentang Blogger Theme, yang selama ini membuat tampilan blog di Blogger lebih baik dan cantik. Tentu saja, karena saya tidak mengikuti blogger sejak awal mula berdiri, ada beberapa hal disini yang tidak sesuai Terimakasih pada halaman yang terlink dibawah ini karena akhirnya saya dapat sedikit bahan 🤣

The Classics

Sebagai platform yang muncul tahun 1990an, Blogger sudah sangat jauh berevolusi. Ini dapat dilihat dari Wayback Machine di internet. Saya pertama kali menyentuh platform ini tahun 2009, dan website Blogger sudah berubah banyak, termasuk templatenya. Diantara tahun 2000 sampai sebelum 2004, tema-tema klasik sudah bertebar. Biasanya dalam kode mereka ditandai dengan <$BlogDateHeaderDate$> (Fungsi seperti b:if belum ada). Sebelum 2004, tema atau template yang umum dilihat diantaranya Sand Dollar dan Jellyfish. Salah satu website pengembang tema di Indonesia dan seorang blogger lama ternyata menyimpan kopian tema lama ini (termasuk template default 2004 yang kita bahas kemudian).

contoh yang saya dapat dari wayback machine (web.archive.org).
Selain itu pada html yang lebih lama mereka membuat round image dengan bantuan gambar (gif) pada posisi tertentu.

/* Page Structure
----------------------------------------------- */
/* The images which help create rounded corners depend on the
   following widths and measurements. If you want to change
   these measurements, the images will also need to change.
   */
@media all {
  #content {
    width:740px;
    margin:0 auto;
    text-align:left;
    }
  #main {
    width:485px;
    float:left;
   background:#fff url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_main_bot.gif")

   no-repeat left bottom;
    margin:15px 0 0;
    padding:0 0 10px;
    color:#000;
    font-size:97%;
    line-height:1.5em;
    }
  #main2 {
    float:left;
    width:100%;
   background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/corners_main_top.gif") no

   -repeat left top;
    padding:10px 0 0;
    }
  #main3 {
    background:url("https://resources.blogblog.com/blogblog/data/rounders/rails_main.gif") repeat-y;
    padding:0;
    }
Itu salah satu contoh yang ada di tema (atau dulu disebut template) Blogger default tahun 2004 bernama Rounders.

Seperti tahun lahirnya Rounders, tahun 2004 Blogger diakusisi oleh Google dan melakukan perubahan besar pada platform mereka. Bahkan saya baru tahu bahwa mereka menyediakan tur singkat untuk menarik pengunjung untuk menggunakan layanan mereka. Pada tahun 2004 ini, Blogger menambahkan tema default (utama) menjadi sekitar 30-an, dengan berbagai variasi diantaranya Dots, Minima, Rounders, #897, dan Old Harbor yang dikembangkan oleh Douglas Bowman (Empat tema inilah yang paling banyak tampak sampai sekarang dan Rounders menjadi default ketika kita mengembalikan tema blogger saat ini ke klasik).

salah satu situs test saya menggunakan Rounders.
Meskipun begitu, pasti ada keinginan untuk membuat tema yang lebih personal, maupun yang lebih fancy (apalagi dari tahun 2010-2013, blog fancy berbasis classic sungguh banyak bertebar).

Blogskins

Melalui Wayback Machine a.k.a web.archive.org, saya mendapatkan kesimpulan bahwa Blogskins (blogskins.com) aktif dari tahun 2002 sampai 2016. Sampai saat ini saya belum menemukan berita mengenai mengapa Blogskins akhirnya menghilang (mungkin tren? sepertinya memang si pencipta memang ingin menutup karena tidak ada waktu lagi, website itu dibiarkan mati dari 2015 sampai 2017). Meskipun begitu, berkat blogskins sangat banyak anak-anak sekolah menengah (SMP/SMA) yang berdedikasi dan memiliki talenta menjadi pengembang tema kecil-kecilan. Blogskins mencapai masa kejayaannya di Blogger anak sekolah Indonesia tahun 2010-2013an (sampai sekarang masih ada yang membuat tema berbasis klasik ala blogskins, tapi tidak banyak. Selain itu juga banyak yang beralih ke kustomisasi tema default baru).

Blogskins di masa kejayaan.
Bisa dilihat banyak hotskins dan recent skins dibuat oleh anak-anak SMP dan SMA masa itu. Ada beberapa orang dewasa yang berpengalaman juga kalau kita lihat dari luar negeri. Kebanyakan pembuat tema kawakan itu sudah kuliah, bahkan kerja dan menikah (dan ya, kemampuan jadi pengembang tema kecil-kecilannya tinggal kenangan hahaha).

Membuat Tema Klasik Sendiri

Jangan salah kalau akhirnya banyak blogger yang rata-rata anak sekolah mencoba memodifikasi, bahkan membuat tema klasik mereka sendiri. Saat itu tutorial berlimpah (bahkan ada yang masih ada sampai sekarang, meskipun udah ditinggalkan pemiliknya), serta model kode dasar (seperti starter theme Wordpress) sehingga lebih mudah dalam belajar mengembangkannya. Setelah saya banyak melihat perkembangan tema, sistem html pada tema klasik masih lebih mudah daripada tema Blogger sekarang (meskipun tetap yang paling ribet adalah Wordpress). Beberapa yang saya tahu dapat dilihat di bagian Credit weblog ini.

hasil terbaik dari semua percobaan
Terkadang, saya ingin mencoba lebih banyak. Akan tetapi, kesibukan dan pekerjaan cukup untuk membuat saya harus merelakan hal seperti ini 🤣

Sepertinya cukup dulu untuk saat ini. Selamat menunggu bagian kedua!
With love,

4 comments spilled

  1. Ahahahahaha jadi inget masa-masa jaman dulu yeh Puj

    Waktu itu musimnya masih bales-balesan komenan lewat Cbox kwkwkw
    dan desain2 tampilan blog pake website lain, lalu copas kodenya

    Ah, masa indah

    Yang butterfly ini inget banget nih wkwkw

    P.S.
    Ebuset udah kayak sinetron aja ye ada sambungan-sambungannya
    Kayak FTV dooong sekali tamaaatt #nantangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((sinetron))

      yang bagian dua lain lagi pembahasannya ntar panjang 😛

      Delete
    2. Mantul kwkwkwkkw
      Nanti sampe season 6 kayak Cinta Fitri wkwkwk

      Delete
  2. Ya ampun aku dulu sering banget gonta ganti blogskin 😂😂😂
    Paling fav dulu yg tema awan. Sumpah itu lucu bangetttt 😂

    ReplyDelete

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p