Saturday, July 31, 2021

Makan Randang bersama Pusako Bundo (dan beberapa pendapat pribadi)



Halo semuanya!
Ini mungkin beberapa postingan terakhir tahun ini karena cukup banyak kegiatan baik ke dalam diri maupun ke luar diri. Kali ini saya akan bercerita tentang Randang. Mungkin banyak disini yang sudah tahu soal Randang atau rendang, mulai dari disebut makanan terenak di dunia, kontroversi soal sehat tidaknya randang sampai makanan khas yang sudah dibuat olahannya seperti mie randang. Kali ini saya ingin membahas mengenai hal-hal di sekitar randang yang bersifat sosial. 

(Sebagian adalah opini pribadi)

Randang dan standar kesehatan

Akhir-akhir ini saya sering melihat-lihat akun mengenai gizi makanan (kebetulan saya diberi petunjuk untuk mempelajari naturopathy dan herbalism) dan banyak yang bilang kalau makanan yang sehat adalah makanan yang mentah. sayur mentah, buah mentah, itu adalah salah satu yang cukup ekstrim. Disisi lain ada yang mengedukasi bahwa daging kambing itu sehat sehat aja asal diimbangi dengan sayuran yang banyak. Hal ini membuat saya berpikir, sebenarnya standar kesehatan itu apa harus selalu condong ke negara lain? Apakah tidak bisa kita membuat standar kesehatan kita sendiri. Khususnya randang, sudah cukup banyak penelitian yang membuktikan randang termasuk sehat meskipun ada santan, dengan catatan cara masak dan asupan lainnya terpenuhi.


Randang sebagai gambaran kearifan lokal Minangkabau

Budaya lokal Indonesia banyak melakukan simbolisasi kearifan lokal dalam semua hal yang mereka lakukan, termasuk makanan. Randang adalah salah satu makanan yang mengandung kearifan lokal, dimana randang sendiri merupakan salah satu teknik memasak dan mengawetkan daging yang membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kebijaksanaan. Juga simbolisasi masyarakat dalam setiap bahan randang yang menunjukkan musyawarah mufakat. Karena isu kearifan lokal 'yang hilang' sedang diangkat saat ini, ada baiknya juga melihat budaya di daerah Minangkabau yang melingkupi beberapa provinsi di Indonesia.


Membeli randang yang lamak

Terkadang ada masanya ketika kita lagi jauh dari kampung, atau di hidup sendiri. Mau makan randang tapi tidak ada waktu dan tenaga untuk memasak. Nah, sekarang ada randang yang bisa kamu pesan dari rumah (sekalian mengurangi frekuensi keluar rumah karena pandemi). Saya beberapa minggu lalu mendapat paket randang yang enak banget. Mereka menjual berbagai macam randang, dan yang saya pesan adalah randang daging basah dan randang suwir ayam.




Seperti yang tertera di video diatas, produsen dari rendang berikut adalah Pusako Bundo. Randang Pusako Bundo adalah randang asli dari Payakumbuh dan sudah memproduksi randang sejak 2004. Wah lama banget ya...


Pertama kali membuka packagingnya gue sangat terkesan karena randang dibungkus dengan kemasan kedap udara, sehingga bisa tahan dan serasa baru dimasak meskipun di kirim ke tempat yang jauh. Lalu packaging kotaknya cukup berlapis sehingga tahan dari kerusakan pada kotak maupun kemasan bagian dalam. Dalam keadaan tertutup, randang bisa bertahan hingga 6 bulan (bisa disimpan dalam freezer juga), sementara jika sudah dibuka bisa bertahan seminggu, kalau mau lebih lama bisa di panaskan. 

kira-kira contohnya seperti ini (sumber : alibaba.com)

Tekstur randangnya sesuai dengan yang sering dimasak di rumah. Rasa randangnya enak banget, gak bikin tenggorokan kering dan dagingnya lumayan lunak untuk ukuran randang untuk randang daging basah. Khusus untuk randang ayam suwir teksturnya tidak kering sehingga tidak batuk-batuk abis makan. Randang ini enak banget dimakan bareng lontong, nasi lengkap dengan ikan, sambal tempe tahu kentang dan semua jenis sayuran. Bahkan randang ini enak banget dimakan dengan daun kol.

Ha? dimakan langsung sama daun kol?!

Iya, saya makan pake cara ini hehehehehehe
sedikit foto

Campuran rasa randang dan rasa daun kol aja bisa bikin saya kenyang hahaa! Untuk menutup review makanan ala-ala ini saya meyajikan kembali reels mengenai makanan akhir bulan. Selamat menikmati!




Kalau mau pesan randangnya, bisa hubungi Pusako Bundo di instagramnya @pusako.bundo. Cara order dan katalognya lengkap banget disana. Selain itu, juga bisa dipesan dari rumah melalui whatsapp dan web pusakobundo.com. Selamat belanja dan makan randang sepuasnya!

With love,



No comments spilled

Post a Comment

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

Berilah komentar setelah membaca blog. Baik kritik saran dan lainnya dibolehkan ^^