Tuesday, March 30, 2021

Resolusi 2021 : Lebih Kreatif dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371)



Halo semuanya,
Selamat siang? Apa masih semangat untuk hidup di tahun ini?
Setiap awal tahun pasti akan banyak orang yang membagikan resolusi tahunannya (termasuk kamu kan, pembaca sekalian?). Sebenarnya, saya pribadi tidak punya resolusi yang khusus tahun ini, karena banyak resolusi tahun lalu yang belum saya lakukan, termasuk menyelesaikan skripsi saya. Akan tetapi, setelah dipikir tidak terlambat juga ya menentukan resolusi 2021 di bulan Maret. Jadi saya menetapkan resolusi untuk memiliki laptop baru.

Resolusi dan Cara Mewujudkannya

Pasti banyak pembaca yang seperti saya bukan, sudah membuat resolusi banyak banyak ternyata tidak terlaksana di tengah jalan. Menurut Psychology Today, hal ini cukup biasa karena ada banyak faktor yang memengaruhi apakah resolusi tersebut bisa dilaksanakan atau tidak. Beberapa diantaranya adalah seberapa senang kita melakukan resolusi tersebut dan bagaimana pentingnya resolusi tersebut untuk kita. Membuat beberapa resolusi jangka pendek diantara resolusi jangka panjang juga membantu memotivasi kita untuk mewujudkan resolusi. Kali ini saya ingin bercerita mengapa saya membutuhkan laptop baru tahun ini.

Mengapa Laptop Baru?

Sebagai anak yang melek teknologi sejak lama, saya sudah memiliki laptop sejak SMP. Laptop saya dahulu berlayar kecil dan ukuran Hard Disknya pun kecil, meskipun begitu cukup tahan 9 tahun. Sampai adek saya yang laki-laki memainkannya pula. Laptop kedua adalah pertama kalinya saya menggunakan produk ASUS. Meskipun sudah sempat jatuh dan diperbaiki, laptop tersebut tahan selama hampir 4 tahun. Fiturnya pun cukup canggih untuk laptop anak SMA, ditambah dengan kekuatannya menjalankan CorelDraw dan XAMP, dua produk yang melatih saya mendesain dan membuat halaman web.

Gambaran laptop kedua saya. Sumber.

Laptop ketiga saya sudah jalan ke 6 tahun, dan memiliki kemampuan untuk menjadi tab dengan memutar layarnya ke belakang alias convertible. Meskipun cukup kuat dan banyak proyek blog saya kerjakan di laptop ini, tentu ketika memasuki 6 tahun laptop ini mulai memperlihatkan tanda menuanya. Kalau diberikan program Adobe atau Corel terbaru, dia pasti sudah sangat lemot, sehingga saya harus tetap pada program keluaran lama. Ditambah fitur Windows 10 yang mengharuskan sistem operasinya selalu diupdate, mulai tidak mampu ditampung oleh laptop ini.




Jadi, karena saya sebentar lagi lulus kuliah (semoga) dan mulai menjelajahi karir, maka saya membutuhkan laptop yang bisa saya gunakan untuk meleluasakan kreativitas saya, baik melalui desain grafis, video game, ataupun pembuatan video dan audio. Saya pun sedikit berharap laptop saya tahan lama seperti laptop pertama, tahan banting seperti laptop kedua, dan berlayar besar dan convertible seperti laptop ketiga. Kebetulan banget ASUS baru saja mengeluarkan varian terbaru laptopnya yaitu ZenBook Flip S (UX371). Laptop keluaran terbaru ini disebut sebagai "PC Modern". PC Modern itu yang seperti apa ya?

Sedikit Penjelasan Mengenai PC Modern

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

 


Mengapa ASUS ZenBook Flip S (UX371) Sesuai dengan Keinginan Saya?

Pertama dan utama sekali, saya ingin laptop yang tahan lama dan tahan banting. ASUS sudah terkenal dengan laptop-laptopnya yang tahan banting. Termasuk produk laptop terbaru ini, meskipun tipis dan ringan tapi sangat tahan lama dan tahan banting, karena sudah melalui berbagai macam tes kualitas yang melampaui tes laptop produk lain seperti shock test, vibration test, low temperature test, dan altitude test. Sehingga laptop ini sudah memenuhi standar militer Amerika.


Sumber

Saya juga menginginkan convertible laptop, sama dengan laptop ketiga saya. Laptop berikut termasuk laptop convertible yang sangat ringan dan tipis. Beratnya hanya 1.2 kg, sangat cocok untuk saya bawa kemana-mana. Selain layar sentuh, laptop ini juga dilengkapi dengan ASUS Pen. Wah sudah dilengkapi pena digital begini pasti enak untuk menggambar digital. Kebetulan saya sedang belajar menggambar digital, meskipun hanya menggunakan smartphone, Medibang, dan 2-in-1 tablet pen yang sering dijual di toko buku. Laptop dan pen ini akan memudahkan saya dalam belajar dengan aplikasi yang lebih bagus seperti Clip Studio Paint. Selain itu, pena digital ini sangat akurat dan presisi, dengan 4096-level pressure sensitivity dan low latency. Udah cocok untuk digital note-taking, bahkan untuk membuat font sendiri.



Selain dua hal diatas, ada lagi nih yang membuat saya jadi semakin meinginkan laptop ini. Apalagi kalau bukan perpaduan dari Intel® Core™ i7-1165G7, memori 16 GB 4266 MHz LPDDR4x, Penyimpanan berupa SSD 1 TB PCIe® NVMe™ 3.0 x4 M.2, dan graphic card Intel® Iris™ Xe Plus Graphics, Premium. Spesifikasi yang sangat canggih untuk menjalankan produk Adobe dan Corel terbaru. Bahkan juga bisa menjalankan video game sandbox seperti Minecraft (Java Edition) dan Terraria. Saya juga sedang sering mencoba membangun berbagai macam rumah impian (siapa tau bisa beli rumah beneran di dunia nyata) di video game tersebut, dan karena laptop saya yang sekarang kurang bisa mengandle game tersebut, saya memainkannya di smartphone. Benar-benar cocok untuk menyalurkan kreativitas dalam segala cara.



Solid State Drive (SSD) yang sangat besar (1TB) bisa saya gunakan untuk menyimpan foto foto dan video tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan. Juga untuk program yang memakan ruang penyimpanan besar akan sangat leluasa. Baik untuk desain maupun untuk menonton drama korea, layar 13.3” OLED 4K sudah sangat menunjang banget, ditambah lagi dengan resolusi dan ratio 3840 x 2160 (16:9) dan warna sRGB. Puas puasin dah menonton tokoh anime dengan kualitas tinggi. Eh jangan lupa, layar sebagus ini juga sudah mengantongi sertifikasi warna dari PANTONE, dijamin warna desain akan sesuai antara yang dilihat di laptop dan di cetak nantinya.

Hasil uji dari PCMark


ASUS ZenBook Flip S (UX371) Aman Digunakan Selama Skripsian dan Bekerja dari Rumah

Meskipun vaksin untuk virus yang melanda saat ini sudah mulai diberikan kepada masyarakat, saya rasa tetap aman untuk bekerja dan membuat skripsi dari rumah. Apalagi dengan laptop ZenBook Flip S (UX371) yang spesifikasinya sudah bagus dan cepat, serta convertible. Layar laptop berikut juga telah tersertifikasi TÜV Rheinland, sehingga tidak perlu khawatir berlama-lama di layar laptop karena takut cahaya gelombang biru yang merusak mata. 

Fitur noise cancelling pada mikrofornnya serta dual Speaker Harman Kardon merupakan perpaduan apik untuk video conference, seperti webinar di ZOOM tanpa takut suara hajatan sebelah rumah terdengar oleh dosen. Sistem operasi pun tidak perlu ribet menginstall karena sudah langsung terinstall Windows 10 Home di dalamnya. Kalaupun Windows 10 perlu update setiap dua kali setahun laptop ini masih bisa tahan.




Konektifitas Wifi? Konektivitas media? Jangan khawatir, konektivitas laptop ini tak kalah apiknya dengan banyak port mulai dari USB 3.2 Gen 1 Type-A, Thunderbolt™ 4 USB Type-C, dan HDMI 1.4. Untuk Wifi, laptop ini dilengkapi dengan Intel Wi-Fi 6, yang paling cepat saat ini. Jadi bisa pakai Wifi rumah secara maksimal. 

Buat yang suka berkeliling rumah, bahkan perlu untuk mengerjakan pekerjaan di kebun belakang, laptop ini punya kapasitas baterai yang besar, 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion. Jadi bisa mengerjakan pekerjaan di depan halaman tanpa takut baterai habis. Lebih praktisnya lagi, karena laptop ini menggunakan USB tipe C untuk mengisi baterai kita bisa menggunakan power bank untuk mengisi baterai. Sudah pasti tidak ribet lagi membawa kabel charger dan mencari tempat lagi ketika sudah nyaman mengerjakan tugas sambil ngeteh di kebun belakang.




Tabel Spesifikasi

Kesimpulan

Tentunya di tahun 2021 saya ingin menjadi lebih produktif, fleksible, dan seimbang dalam berkreativitas. Karena itu, saya membutuhkan laptop yang dapat membantu saya menyalurkan kreativitas dalam segala cara, agar bisa memiliki skill lebih banyak dan karir lebih terjamin. ASUS ZenBook Flip S (UX371) sangat cocok dengan yang saya mau, baik untuk kebutuhan di rumah, maupun bepergian. 
Sekian resolusi 2021 saya, kalau kamu punya resolusi tahun ini silakan tulis di kolom komentar ya!

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

With love,

4 comments spilled

  1. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    ReplyDelete
  2. Wowww, keren bingits

    Laptop ku yg skrg juga Asus, tapi sayangnya bukan seri yang canggih ini huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga besok bang aul bisa beli laptop canggih, aamiin

      Delete

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p