Wednesday, July 15, 2020

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mengerjakan Tugas di Rumah

sumber

Halo semuanya!
Menanggapi keadaan saat ini, semua kegiatan pembelajaran termasuk perguruan tinggi dialihkan ke rumah. Hal tersebut membuat jumlah tugas yang dikerjakan menjadi lebih banyak daripada biasanya. Cukup banyak mahasiswa yang mengeluhkan tugas yang semakin banyak, tanpa diiringi penjelasan yang cukup sehingga pengerjaan tugas menjadi tidak maksimal.

Kali ini, saya akan mengatakan bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam melakukan tugas apapun dan dimanapun pengerjaannya. Tentunya dilengkapi dengan solusi yang dapat kamu lakukan supaya tugas lebih baik. Karena ini bedasarkan pengalaman menjadi mahasiswa Psikologi, mungkin beberapa hal ini tidak terlalu relevan dengan yang ada di jurusanmu.

sumber

Mengerjakan Tugas Ketika Dekat Waktu Pengumpulan

Mau tugas seperti biasa maupun tugas dalam pembelajaran di rumah seperti sekarang, tentu tidak akan maksimal jika kita mengerjakan tugas dekat waktu pengumpulan. Meskipun ada yang namanya the power of kepepet, kalau ada tugas yang berbarengan masa pengumpulannya akan menyebabkan tubuh lelah. Tugas pun menjadi kurang maksimal. Usahakan mengerjakan tugas satu-satu, lebih ideal lagi mengerjakan langsung ketika diberikan

Menyalin Utuh dari Sumber Blog dan Wikipedia

Sudah pengetahuan umum jika blog adalah personal, dan bisa jadi tidak benar-benar menggunakan teori yang benar dalam menuliskannya. Bahkan bisa saja artikel tersebut 100% opini si penulis. Menyalin utuh dan mencantumkan Wikipedia langsung sebagai sumber juga tidak baik dalam tugas akademik. Admin Wikipedia di Twitter juga pernah berkata :


Tentunya, lebih baik untuk berpedoman dari sumber yang dicantumkan baik di blog maupun wikipedia, daripada menyalinnya secara utuh. Bagian sumber wikipedia biasanya berada bagian paling bawah baik di Referensi, maupun Untuk Dibaca Lebih Lanjut.

Mengambil Sumber Terlalu Banyak dari Luar Buku Utama/Pokok

Beberapa dosen akan sering melenguh ketika mahasiswa membuat tugas dengan mengambil terlalu sedikit dari sumber buku pokok atau buku utama pembelajaran. Memang, kita bebas untuk mengambil sumber asal valid, akan tetapi ada alasan juga mengapa dosen meminta menggunakan buku tertentu untuk tugas. Salah satunya adalah untuk menyamakan persepsi. Jika ada yang ternyata berbeda, baru didiskusikan di kelas. Karena terkadang antara buku A dan B, mereka mengambil teori dan pemahaman yang berbeda pula.

Kalau ada hal lain yang kamu alami selama belajar di rumah, silakan tulis di kolom komentar ya!
With love,

4 comments spilled

  1. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengerjajkan pekerjaan rumah :
    - Bermain Tik-tak-toe
    - Membuat coklat panas
    - Bermain Permainan papan
    - Bermain Tik-Tak-Toe
    - Membuat coklat panas......

    ReplyDelete

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p