Sunday, August 16, 2020

Blogger Baju Baru? - Sebuah Analisis Sembarang


Halo semuanya!
Sudah hampir beberapa bulan ini saya tidak menyentuh blog ini dikarenakan tugas akhir. Sampai pada suatu ketika, saya ingin membaca blog lewat website blogger. Ada hal yang lumayan mengejutkan : 'Baju'nya berubah! Sungguh saya terkejut, meskipun saya termasuk yang pernah mencoba tampilan beta blogger bulan sebelumnya, tampilan final Blogger yang baru sungguh membuat saya puas.

Jujur, seharusnya sudah dari lama Blogger melakukan hal ini. Apalagi dengan saingan gratisannya Wordpress yang sudah maju beberapa langkah jauhnya. Perubahan sebelumnya dari tampilan Blogger terakhir adalah tahun 2016. Saya kurang tahu mengapa perkembangannya lumayan lambat. Meskipun begitu, mari kita analisis dari seorang blogger yang sudah tahu UI/UX tapi belum mendalami.

Tampilan Postingan dan Menu

Tampilan Blogger kali ini mengikuti branding simplistik dari induk perusahaannya Google. Icon-iconnya pun saya sudah cukup kenal karena sering menggunakan produk Google. Selain itu, postingan dan halaman tetap juga dibuat dalam bentuk daftar serupa kartu (Pada tampilan sebelumnya, hanya berupa daftar biasa). 



Ketika 'kartu'-nya disorot

Halaman statistik secara UX masih sama saja, tetapi tampilannya sedikit diubah dengan adanya keterangan umum blog pada bagian awal sebelum grafik perkembangan blog. Lumayan membantu buat yang ingin tahu langsung berapa viewersnya hari ini.



Halaman komentar sedikit berbeda. Dengan bentuk kotak dan komentar didaftar menggunakan pembatas dan foto komentator diperlihatkan (Boleh dipakai sebagai ajang mencari jodoh di kolom komentar, tentunya bukan saya). Kita langsung diperlihatkan dengan tiga icon yang diberi penjelasan ketika disorot, yaitu tombol hapus isi komentar, masukkan komentar ini sebagai spam, dan hapus komentar. (Ada yang tahu perbedaan antara hapus isi komentar dan hapus komentar? Komen disini ya!)

sorry bang owl, wqwqwq

Tema pun menawarkan pilihan dengan gambar pratinjau yang lebih besar, sehingga bisa melihat lebih jelas bagaimana bentuk temanya. Selain itu, tampilan Template Designer berubah dan namanya berubah menjadi Customizer. Tampilan Customizer sangat dekat dengan model edit template di beberapa platform blog seperti Wordpress dan Tumblr, dimana pratinjau tema berada di sebelah kiri panel pengaturan. Lebih baiknya lagi, jika menggunakan tema turunan Blogger yang terbaru, kita juga bisa mengatur gadget langsung disana.



Bagian pengaturan tidak lagi dibuat per bagian, tetapi disatukan dalam satu tempat. Tentunya, mempersingkat langkah mengatur blog meskipun harus tetap scroll dulu.



Halaman layout, secara mengejutkan (dan tidak mengejutkan) tidak mengalami perubahan berarti. Sesuai dengan tema yang dipakai juga, halaman layout dapat menampilkan icon versi terbaru atau tidak sama sekali. Begitupun dengan halaman Reading List. Untuk halaman ini, saya tidak masalah karena memang sudah cukup menunjang dalam melihat postingan terbaru dari blog yang saya follow.

Proses dalam Blogger

Untuk membuat blog baru, Blogger menggunakan alur yang sedikit mirip dengan kebanyakan platform blog lain, yaitu satu-langkah-satu-langkah (Istilah sembarang saja ini). Kita tidak lagi langsung mengisi nama blog, alamat blog dan memilih sembarang tema. Kita hanya akan diminta memasukkan nama blog, lalu alamat blog. Pergantian tema bisa dilakukan di menu Tema.

 


Untuk postingan, kita bisa langsung klik tombol "New Post" yang berada di atas navigasi tema. Halaman postingan (dan halaman juga) masih sama, dengan banyak simplikasi tampilan. Selain itu, untuk memasukkan foto dan video, kita langsung memilih akan dimasukkan dimana, bukan lagi ditunjukkan jendela dengan beberapa tab. Pemilihan label dipermudah dengan adanya checklist label, sehingga kita tidak perlu lagi mengetik label yang sudah kita sematkan pada postingan sebelumnya.



   

Dropdown pada pemilihan unggah gambar dan video

Pemilihan dan kustomisasi tema memiliki perubahan yang cukup besar dalam tampilan baru ini. Misalnya, ketika mengklik salah satu varian tema, maka gambar pratinjau varian tersebut akan membesar. Selain itu, tampilan pratinjau tema pada blog berada dalam placeholder, dan memiliki tombol yang memudahkan pengguna apabila ingin melihat tema lain (back), kustomisasi langsung, atau langsung memakai tema yang bersangkutan.

Pemilihan varian tema

halaman pratinjau

Customizer juga memungkinkan untuk mengatur gadget dan tampilan sekaligus, jika menggunakan tema Blogger terbaru.


Pilihan dropdown pada tema dan gadget.


Posting Blog Dimana Saja Kapan Saja dan Dengan Siapa Saja (?)

Intermezzo : itu semboyan platform belajar daring milik negara, yang lagi ibu saya pakai.

Menurut Google dalam blognya, Istimewanya tampilan Blogger terbaru ini adalah mobile responsive, dimana tampilan Blogger sudah memiliki tampilan khusus untuk ponsel. Hal ini tentu memudahkan untuk yang selalu berpindah dan tidak mungkin setiap saat mengetik di laptop. Saya sudah mencobanya kemarin dan memang, lebih mudah untuk mengetik post dibandingkan tampilan lama (yang masih mengikuti tampilan desktop). Menu dan fiturnya sama saja dengan versi desktop, kok

Meskipun sudah ada mobile web version, saya berharap Google mau mengupdate aplikasi Blogger di Play Store yang sudah tidak diupdate bertahun-tahun.

  


Sedikit pendapat pribadi

Menurut saya, tampilan baru ini jauh lebih baik daripada tampilan sebelumnya. Meskipun, ada beberapa istilah baru tidak mengurangi operasional blog. Selain itu, secara User Experience masih lebih dekat dengan tampilan yang sebelumnya. Wah, jadi tambah semangat ngeblog nih! Menurutmu? Silakan beropini di kolom komentar ya!

With love,

No comments spilled

Post a Comment

Please comment the post after you read it!
your praise, critique, and other is recomended to improve this blog! ^^

P.S : not important comment is skipped :p